Wearable Device, itu apa? Wearable Device adalah perangkat yang dapat digunakan pada bagian tubuh manusia yang berhubungan dengan operasi komputer dan teknologi terkini, serta menggunakan prinsip “Wearable Technology”, yaitu teknologi yang dapat dipakai juga di implementasikan dalam kehidupan sehari-hari berdasarkan estetika dan juga fungsinya masing-masing. Lalu, perangkat seperti apa yang dipasang di gigi tersebut ya?

Adalah tim peneliti dari Tufts University School of Engineering, pengembang wearable yang dipasang pada gigi manusia. Wearable itu dilengkapi sensor yang mampu merekam bahan kimia apa saja yang bersentuhan dengannya. Ukurannya hanya 2×2 milimeter, namun sensor ini bisa mencatat informasi tentang asupan gula, garam dan alkohol penggunanya. Sensor semacam ini juga dapat digunakan untuk memantau kesehatan gigi.

Pihak peneliti mengatakan bahwa perangkat werable ini dapat digunakan para dokter untuk melihat kondisi pola hidup pasien secara realtime. Dengan begitu, mereka dapat menganalisa kondisi pasien dengan sangat mudah. Seperti memberikan solusi mengontrol pola makan para penggunanya. Selain itu, alat ini juga bisa mengidentifikasi kebiasaan merokok para penggunanya.

Pihak peneliti juga mengatakan bahwa mereka akan terus mengembangkan teknologi ini. Pasalnya, mereka memiliki keinginan untuk membuat kualitas kehidupan para pemakai teknologi mereka ke arah yang lebih baik. Wah, bagaimana rasanya ya jika gigi kita dipasang perangkat wearable ini.. Anda ingin mencobanya?

 

Sumber:

https://tekno.kompas.com/read/2018/03/31/08330007/-wearable-ini-bisa-tahu-kebiasaan-makan-dan-merokok

http://batam.tribunnews.com/2018/03/31/wow-wearable-yang-dipasang-di-gigi-ini-bisa-deteksi-kebiasaan-rokok

https://techno.okezone.com/read/2018/03/31/57/1880390/wearable-ini-bisa-ketahui-kebiasaan-makan-dan-merokok-pengguna