Belakangan ini santer diberitakan mengenai kebocoran data pengguna Facebook. Tidak tanggung-tanggung, beberapa media bahkan menyebutkan bocornya data tersebut dialami oleh setidaknya 50 juta pengguna Facebook. Dikhawatirkan kebocoran data ini digunakan untuk kepentingan segelintir pihak untuk kepentingannya sendiri. Duh, ngeri ya..

Tetapi Anda tidak perlu khawatir, ada beberapa cara sederhana yang bisa kita lakukan untuk memproteksi akun dan data pribadi kita di Facebook. Berikut cara-cara sederhana untuk memproteksi akun Facebook kita:

Ubah Setelan Privasi Anda

Pada halaman setting, Anda akan menemukan tombol “privacy”. Anda dapat mengatur siapa saja yang dapat melihat foto pribadi Anda, hingga membatasi permintaan pertemanan Anda.

Ubah Setelan Lini Masa dan Tagging

Pada halaman setting juga, kita dapan mengatur siapa saja yang dapat melihat aktifitas Anda, seperti postingan-postingan. Dan mengubah keinginan siapa saja yang dapat melakukan Tagging pada postingannya.

Cek Aplikasi Pihak Ketiga yang Aktif

Pada halaman setting di bagian bawah Anda akan menemukan tombol “apps”, dengan mengklik tombol ini Anda dapat melihat aplikasi apa saja yang memiliki akses pada data pribadi Anda. Periksa dan matikanlah aplikasi yang kira-kira mencurigakan.

Unduh Semua Data

Ada sebuah fitur di Facebook dimana kita dapat mengunduh dan membackup semua data masing-masing penggunanya. Caranya, tekan tombol panah ke bawah yang ada di pojok kanan atas untuk memunculkan menu. Lalu pilih menu “setting”, kemudian pada halaman General Account Setting, Anda akan menemukan tombol “Download a copy”.

Hapus Facebook Anda

Ini adalah pilihan terakhir ketika Anda sudah tidak ingin lagi menggunakan media sosial ini. Bagi Anda yang ingin menghapus akun secara permanen, Anda cukup masuk pada menu “setting” kemudian pilih “download a copy of your Facebook data” seperti pada langkah sebelumnya. Setelah itu Anda harus menuju halaman ini kemudian klik “delete my account”. Untuk pilihan terakhir ini Anda harus memastikan bahwa semua data telah Anda backup terlebih dahulu sebelumnya.

Sekian beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk memproteksi data pribadi Anda di Facebook. Selamat mencoba..

 

Sumber:

https://tekno.kompas.com/read/2018/03/24/19570007/5-langkah-mengamankan-akun-dan-data-di-facebook

https://ekonomi.kompas.com/read/2018/03/22/123146026/50-juta-data-pengguna-facebook-bocor-zuckerberg-janjikan-proteksi