Meskipun hal sepele, namun kita harus mengetahui komponen-komponen penyusun sistem komputer.

Pengertian sistem komputer
Sistem komputer merupakan satu kesatuan dari tiga komponen dasar yaitu hardware, software, dan brainware yang berfungsi untuk menerima dan memproses data sehingga data tersebut bisa dianalisis dan diinterpretasi menjadi informasi yang berguna.

Komponen penyusun sistem komputer

  • Hardware komputer – atau perangkat keras merupakan alat-alat atau perangkat fisik yang membentuk sebuah komputer seperti keyboard, mouse, monitor, printer, CD/DVD-Drive, CPU, memory, hard drive (untuk menyimpan data), speaker, microphone, power supply, dan lain sebagainya.
  • Software komputer – atau perangkat lunak sering disebut juga sebagai program komputer atau aplikasi komputer. Software berfungsi memenuhi kebutuhan user. Tanpa software, hardware komputer tidak akan bisa digunakan dengan sempurna.

Begitu juga sebaliknya, jika hardwarenya kurang lengkap, maka software pun tidak akan bisa beroperasi dengan baik. Software diklasifikasikan menjadi dua kelas yaitu:

Sistem Komputer

Sistem Komputer

a. Software sistem yang berfungsi sebagai sistem operasi komputer. Software sistem bertugas mengatur serta mengendalikan kerja hardware dan software aplikasi yang terdapat dalam komputer. Dengan kata lain, software sistem adalah perangkat yang menghubungkan user dengan komputer. Contohnya adalah Windows, Macintosh, dan Linux.

b. Software aplikasi merupakan perangkat lunak yang bertugas memecahkan masalah serta memenuhi kebutuhan user. Contoh software aplikasi adalah Microsoft Office, Open Office, iWork, dan lain sebagainya.

c. Brainware komputer – adalah orang yang mengoperasikan komputer. Istilah lain dari brainware ada banyak seperti user, humanware, programmer, administrator, network specialist, teknisi, pengguna komputer, dan lain-lain Sistem komputer yang terdiri atas hardware dan software tidak bisa berjalan tanpa adanya instruksi atau perintah yang dibuat oleh brainware ini.

Ketiga komponen ini bekerja dengan saling mendukung dan saling bergantung satu sama lain agar sistem komputer dapat beroperasi secara maksimal. Itulah pengertian sistem operasi komputer dan komponen dasar penyusunnya. Semoga bermanfaat.

Sumber :

http://www.artikelteknologi.com/2017/12/pengertian-dan-komponen-penyusun-sistem.html

http://www.artikelteknologi.com/2017/12/inilah-pengertian-brainware-dalam.html