Teknologi semakin hari semakin canggih, begitu pula dengan jaringan internet.

Setelah sebelumnya masyarakat pengguna internet menggunakan layanan jaringan 4G, kini beredar kabar bahwa layanan jaringan 5G siap meluncur tahun ini. Benarkah demikian?

Berdasarkan laporan Android Headlines pada Desember 2017, Huawei menjadi satu-satunya perusahaan raksasa yang akan menyediakan layanan 5G termasuk perangkat ponsel pintar. Tidak heran bila dalam World Internet Conference di Wuzen, Cina, Huawei memperoleh penghargaan untuk sistem 5G end-to-end penuh. Huawei memang secara total membangun infrastruktur 5G berdasarkan spesifikasi 3GPP resmi.

jaringan 5G

jaringan 5G

Namun, setelah standar hardware baru untuk 5G diputuskan, beberapa operator lain pun dilaporkan mulai berlomba untuk menggunakannya. Salah satu operator yang disebut akan pertama kali menerapkannya adalah AT&T. Operator asal Amerika Serikat itu dilaporkan berencana meluncurkan jaringan 5G untuk kebutuhan mobile pada akhir 2018. Jaringan ini akan tersedia untuk pengguna di 12 kota di Amerika Serikat. Meski demikian, AT&T belum mengungkap kota mana saja yang akan mengadopsi internet berkecepatan tinggi tersebut.

Di sisi lain, AT&T sendiri bukan satu-satunya operator di Amerika Serikat yang bersiap menyambut 5G. Operator lain, seperti Sprint disebut telah berkomitmen untuk menggelar 5G pada 2019, sedangkan T-Mobile pada 2020. Ada pula Verizon yang sudah melakukan uji coba 5G beberapa waktu lalu.

Selain itu, di Indonesia sendiri, sejumlah operator mulai dari Telkomsel, XL Axiata, Indosat Ooredoo, hingga Smartfren juga telah melakukan pengujian untuk persiapan menuju 5G. Tetapi, terlepas dari siapa yang akan pertama mengadopsi 5G untuk konsumen umum, hampir dapat dipastikan 5G akan meluncur dalam waktu dekat. Memang belum dapat dipastikan tahun ini atau tahun 2019 kita baru bisa menikmati layangan jaringan internet generasi ke-5 ini. Apakah Anda menantikannya?

 

Sumber:

https://inet.detik.com/telecommunication/d-3785570/layanan-5g-segera-jadi-kenyataan

http://tekno.kompas.com/read/2018/01/08/15130097/layanan-5g-bakal-digelar-tahun-ini

http://tekno.liputan6.com/read/3215517/jaringan-5g-siap-meluncur-tahun-ini

http://trendtek.republika.co.id/berita/trendtek/gadget/18/01/10/p2br13359-perangkat-mobile-5g-rilis-2019