Ya belakangan ini kita telah mendapat kabar dengan adanya peluncuran smartphone terbaru dari Samsung, iPhone, dan beberapa merk lainnya. Kita ambil contoh Samsung S8, Samsung Galaxy Note 7 dan iPhone X. Dari beberapa produk tersebut banyak sekali fitur-fitur canggih yang telah diberikan. Untuk Samsung S8 memiliki beberapa teknologi canggih yakni :

Layar tanpa batas, yang dapat membuat smartphone ini lebih enak digenggam tanpa harus mengurangi efektivitas pengalaman pengguna untuk beraktivitas. Wow tanpa batas, Keren juga tuh!

Kamera multi-bingkai, dapat menangkap tiga gambar sekaligus yang akan diproses menjadi satu gambar dengan kualitas tinggi serta didukung dengan teknologi dual pixel yang dapat menangkap gambar dengan sangat baik.

Nah, untuk fitur keamanan nya sendiri sudah memakai iris scanner dan rekognisi wajah. Sistem keamanan bukan pertama kali nya pada smartphone. Smartphone pertama kali yang mengusung teknologi tersebut yaitu ViewSonic. Ya, ViewSonic merupakan display asal Amerika Serikat telah meluncurkan smartphone pertama di dunia yang menggunakan teknologi pemindai iris mata. Para pengguna dapat menyimpan wajah serta iris mata sebagai pembuka kunci smartphone. Namun banyak berbagai sumber mengatakan produk Fujitsu Arrow NX dan Lumia 950. Wow memang inovatif sekali ya! Namun apakah dengan adanya iris scanner tersebut lantas sudah terjamin keamanannya? Apakah dapat diretas keamanannya?

Menurut David Emm (pimpinan Analisis Keamanan, KasperSky Lab) fitur iris scanner ini membutuhkan sistem keamanan ekstra karena penggunaan sensor biometric membutuhkan penelitian lebih lanjut. “Setiap fitur keaman yang menjaga data biometric dan informasi personal pengguna. Masih ada kemungkinan bisa diretas,” katanya dalam siaran persnya. Baru-baru ini ditemukan bahwa selaput mata pun bisa dengan mudah ditiru dari foto yang beresolusi tinggi.

Disamping itu banyak mengira bahwa retina scanning sangat membahayakan mata karena memakai sensor infrared yang terdapat dalam Samsung Galaxy Note 7 dan Samsung Galaxy S8. Nah, untuk teknlogi ini memang menarik, namun akan sedikit sulit jika anda memakai kacamata atau memakai lensa kontak, karena harus dilepas terlebih dahulu agar iris scanner dapat bekerja dengan baik. Bagaimana kalau berada dalam ruangan yang kurang cahaya alias gelap? Ya, terlintas dalam pikiran kita pasti mengatakan iris scanner tersebut tidak bekerja dengan baik. Namun anggapan itu salah, lho. Justru sebaliknya, iris scanner dengan bantuan infrared, dapat bekerja dengan baik dalam ruangan gelap sekalipun, tapi ketika di bawah terang sinar matahari iris scanner sulit bekerja. Kenapa??? Karena sinar infrared terhalang terangnya cahaya matahari. Jadi, kita harus berpindah ke temapat yang lebih tertutup atau teduh agar pola iris bisa terbaca. Nah, Bagaimana sudah jelas dengan teknologi iris scanner? Apa masih bingung? Atau ingin membeli smartphone nya? Silahkan pendapatnya.

 

Sumber :

https://inet.detik.com/consumer/d-3285601/menjawab-kegalauan-pemindai-iris-di-ponsel

https://infokomputer.grid.id/2016/08/berita/berita-reguler/kelemahan-sistem-keamanan-iris-scanner/