Pernahkah menemukan windows services yang bandel? Seringkali windows services yang sudah dimatikan kembali aktif sendiri setelah beberapa waktu, bahkan setelah komputer restart window service aktif lagi meskipun sudah didisable. Masalahnya beberapa service window tidak kita butuhkan, dan hanya membuat komputer berat. Misalnya Printer spooler jika tidak pakai printer, server, Remote Desktop, hingga windows update dan BITS. Selengkapnya Anda bisa melihat pula beberapa windows services yang jarang dipakai.

Baru baru ini kejadian menyebalkan yang saya alami adalah aktifnya kembali service Windows Update yang sudah saya matikan sejak lama. Alhasil windows mendownload update dan meminta upgrade tanpa sepengetahuan saya. Kuota internetpun terkuras, namun beruntung proses windows update bisa dimatikan dan dicegah. Nampaknya pada Windows 10, windows update lebih dipaksakan sehingga windows update service tidak bisa dimatikan dengan cara biasa alias bandel.

Cara Unik dan Paksa mematikan Windows Services

Berangkat dari pengalaman di atas akhirnya saya coba oprek dan akali, bagaimana caranya supaya windows services ini benar-benar bisa dimatikan tanpa aktif kembali alias nonaktif permanen. Dan ternyata solusinya tidak jauh-jauh amat, masih ada di seputar windows service sendiri. Inti triknya adalah dengan membuat komputer bingung karena kredensial yang salah wkwk So, berikut cara paksa stop service windows yang bandel supaya tidak aktif permanen:

Cara “Paksa” Stop Service Windows yang Bandel

  1. Buka windows services dengan menjalankan run (Start + R) dan menekan kombinasi shortcut “services.msc”. Atau bisa pula dari task manager (Ctrl + Shift + Esc) -> pilih tab Services -> Klik Open Services di bagian bawah.
  2. Cari windows services yang ingin dimatikan permanen, misalnya Windows Update.
  3. Dobel Klik nama servicenya, jika service sedang aktif berjalan tolong dimatikan dulu (klik stop pada service status).
  4. Selanjutnya pilih tab “Log On” pada bagian atas, dan Pilih “This Account” untuk mencari nama akun komputer Anda.
  5. Pilih “Browse” lalu Advance -> Find Now.
  6. Pada kolom bagian bawah akan muncul nama akun komputer Anda, pilih itu dan klik OK 2 kali untuk menutupnya.
  7. Nah pada kolom password, gunakan password ngaco, heheh… misal 123456 atau apa saja bebas. Di sinilah inti triknya, windows tidak akan meminta konfirmasi password baik jika komputer menggunakan password ataupun tidak. Jadi jika diisi dengan password asalpun tidak mengapa.
  8. Kembali ke tab General dan pilih disable pada startup type (udah ga ngaruh sih). Dan jangan lupa klik Apply.
  9. Sampai tahap ini sudah oke, tapi bisa juga ditambah langkah opsional yaitu pada tab “Recovery” Pilih “Take No Action” pada First Failure dan Second Failure.
  1. Nah sekarang sudah paham kan maksud saya? Jadi windows service nantinya hanya akan dijalankan oleh akun tertentu saja, yaitu yang kita pilih tadi. Sementara untuk menjalankan service tersebut dibutuhkan password, dan passwordnyapun salah. Akhirnya ya komputer bingung dan embungeun menjalankan service tersebut. Jadi untuk ke depannya windows service itu tidak akan aktif kembali. Trik membuat komputer bingung ini bukan yang pertama kali saya lakukan. Senada dengan itu saya juga membuat proses windows update bisa dihentikan dan tidak dilanjutkan karena file yang salah. Penasaran caranya? Silahkan simak pada Trik Ampuh Mengatasi Windows Update Assistant di artikel sebelah. Selamat mencoba…

Sumber :

http://blog.finderonly.net/2018/cara-paksa-stop-service-windows-bandel.html

http://blog.finderonly.net/2013/mempercepat-pc-disable-windows-services.html

http://blog.finderonly.net/2018/cara-paksa-stop-service-windows-bandel.html

http://blog.finderonly.net/2011/membuat-shortcut-semua-program-dengan-keyboard.html