Pada Februari lalu, dalam rubrik artikel IT Netkrom sebelumnya, kita diajak membayangkan bagaimana canggihnya sebuah kota yang mengaplikasikan AI atau Artificial Intelligence pada sistem lalu lintasnya. Nah, bagaimana jika kecerdasan buatan ini ditanamkan pada smartphone kita? Memang apa sih kegunaan AI ini jika pada smartphone?

Ai smartphone

Ai smartphone

Berikut beberapa kegunaan Artificial Intelligence (AI) pada smartphone

  1. Kamera lebih baik dalam mendeteksi obyek, dengan AI ponsel kita dapat mendeteksi obyek dengan detail yang lebih tajam.
  2. Penerjemah real-time tanpa internet, dengan AI proses penerjemahan bisa dilakukan secara offline.
  3. Membantu tugas harian, misalnya seperti mennon-aktifkan nada dering, mengaktifkan bluetooth, atau menutup aplikasi yang berjalan di background tiap beberapa jam.
  4. Pemindai wajah, dengan AI ini smartphone kita dapat mengenali jenis kulit, warna kulit, jenis kelamin, dan usia obyek.
  5. Voice assistant, yaitu mampu menerima perintah suara.

Bagaimana? Sekarang sudah tahu kan apa kegunaan AI pada smartphone kita. Nah, beberapa produsen smartphone yang telah melengkapi produknya dengan AI, antara lain Apple, Samsung, LG, OPPO, dan VIVO. Apakah Anda tertarik memiliki smartphone dengan kecerdasan buatan ini?

 

Sumber:

https://tekno.kompas.com/read/2018/03/02/12430067/smartphone-kekinian-dilengkapi-ai-apa-gunanya-

http://www.tribunnews.com/techno/2018/02/27/seperti-apa-kecerdasan-buatan-pada-kamera-smartphone

https://jalantikus.com/gadgets/smartphone-artificial-intelligence/